Friday, April 28, 2017

Cara Membuat dan Membaca kode QR di Android

Membuat dan Membaca Kode QR di android, Seperti yang tertera pada deskripsi tentang blog ini, kami selalu memberikan informasi teknologi seputar android, dan pada kesempatan kali ini kita akan bahas sebuah kode yang cukup sulit dipahami oleh masyarakat awam, percayalah dengan membaca artikel ini sampai akhir, kamu akan sedikit lebih pintar dibanding mereka yang belum mempunyai pengetahuan tentang apa yang akan saya terangkan.

Kode QR  Sejarah perkembangan mulai digunakan di negri samurai, yang pada awalnya hanya digunakan untuk melacak sebuah kendaraan dalam manufaktur, kode ini disempurnakan oleh sebuah anak perusahaan Denso Corporation yang bernama Denso wave, dengan perkembangan zaman kini sudah bisa di terapkan dalam banyak hal, salah satunya apa yang dilakukan oleh media ternama indonesia, KOMPAS adalah media yang pertama kali mengenalkan kode QR ke negri tercinta Indonesia melalui setiap surat kabar yang di cetak, dengan harapan dapat memberikan informasi hanya dengan menscan kode tersebut, bankan sekarang kamu bisa membuat dan membaca kode ini melalui android.
membuat dan membaca kode QR
Kode QR atau kependekan dari Quick Response ini merupakan sebuah tampilan dari jenis kode matrix, anda juga bisa menyebutnya dengan kode batang dua dimensi, mengapa bisa begitu? Karena kode QR sendiri adalah sebuah bentuk perkembangan teknologi tentang kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi.

Kelebihan dan kekurangan Kode QR dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mempunyai kapasitas menyimpan informasi jauh lebih banyak dari pada generasi sebelumnya karena Secara spesifik kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter.
2. Dapat digunakan sebagai kode, pesan rahasia, dan informasi berbagai produk, bahkan kamu bisa membuat kode QR untuk website mu sendiri.
3. Kode Ini dapat diperbaiki walaupun mengalami kerusakan sampai 30% dan tetap bisa di baca walaupun dalam keadaan kotor.

A. Membutuhkan koneksi internet untuk gerate atau menscan kode QR, baik GPRS 3G, 4G dan membutuhkan aplikasi tambahan untuk membaca isi kode tersebut.
B. Meskipun tidak bisa dibaca secara kasat mata, kode ini tidak aman untuk berbagi informasi sensitif, karena jika disebar luaskan maka dapat terbaca oleh banyak orang yang mengerti tentang teknologi ini.

Setelah mengulas banyak informasi tentang kode QR, apakah kamu berniat membuat kode tersebut untuk website kamu, dengan tujuan agar pembaca dapat memperoleh setiap informasi artikel yang kamu update, jika benar kita akan bahas sekarang.

Cara membuat kode QR Di android untuk website.

Sebenarnya langkah ini sangat mudah tetapi, kamu perlu beberapa aplikasi dari pihak ketiga untuk mempermudah proses ini, kamu bisa download aplikasi QR Code Generator dari developer YKART untuk membuat atau generate kode QR websitemu.

Jika sudah mednownload buka aplikasi tersebut, kalian akan menemukan tampilan seperti di bawah ini, dengan kolom teks yang kosong.



Lihat beberapa menu yang saya tunjjukan dengan tanda anak panah warna merah di atas, mulai dari yang paling atas saya akan jelaskan:
- Menu Text, ini adalah sebuah pilihan data yang akan kamu simpan dalam kode QR, bisa menggunakan teks biasa, url blog / postingan, email, nomor telephone, sms, kontak,Geolocation, dan Wifi, untuk merubah jenisnya kamu hanya perlu menekan dan pilih berbagai jenis file yang akan kamu simpan.
- Menu Generate, ini adalah menu dimana jika kamu pilih maka aplikasi otomatis akan membuatkan sebuah kode QR dari berbagai informasi yang kamu masukkan dalam konten.
- Pengaturan, berfungsi untuk menyesuaikan semua aktifitas aplikasi, dalam menu ini memmungkinkan kamu untuk membuat sebuah kode QR dalam banyak pilihan warna,bisa warna hitam, biru, merah dan hijau, serta menentukan ukuran output dan level error koreksi.
- Kolom konten, bisa kamu lihat anak panah paling bawah, di sanalah tempat kamu menulis berbagai data yang akan di ubah menjadi kode QR.
- Untuk menu List, di tandai dengan tiga berkas bertumpuk adalah untuk melihat daftar beberapa kode yang telah kamu buat.
kode QR

- Silahkan ubah dari teks menjadi Url, lihat pada gambar di atas.

membuat dan membaca kode QR

- Isi kolom paling atas dengan alamat blog kamu, kemudian di ikuti dengan deskripsi blog pada kolom di bawahnya.
- Tekan "GENERATE" maka kamu akan di bawa ke dalam tampilan kode QR yang dihasilkan seperti contoh ini.
kode QR
Perhatikan fungsi pada semua pilihan yang tersedia diatas, semua saya tandai dengan anak panah berwarna merah.
- Mulai dari yang paling atas sebelah kiri, gambar icon disket tersebut mempunyai fungsi untuk menyimpan kode QR yang kamu buat.
- Tengah atas, seperti menu share dalam penampakanya, memang benar itu adalah tombol berbagi.
- Kanan atas, itu tombol "CLEAN" yang artinya berfungsi untuk membersihkan atau menghapus kode yang telah kamu buat tadi.


Cara Membaca atau Scan Kode QR di Android

Setelah kamu bisa membuat kode QR pastinya kamu juga ingin tahu bagaimana cara membaca kode yang di sembunyikan dalam Quick Response, tersedia banyak alat dan aplikasi yang bisa kamu manfaatkan, dan kamu bisa menggunakan aplikasi gratis QR Scanner / Free QR Code Reader & Scanner  milik  developer Honestly App, Aplikasi ini gratis tapi ada versi pronya juga, sekarang download aplikasi tersbut di play store kemudian buka, kamu akan menemukan tampilan seperti berikut saat pertama buka.


- Untuk membaca kode QR, kamu hanya perlu menekan tombol "Scan" Di tandai dengan anak panah sebelah kiri, untuk bantuan pencahayaan kamu bisa menekan tombol "Zigma" Letaknya di atas nomer dua dari kanan. 
- Untuk melihat kode dari informasi yang pernah kamu baca sebelumya kamu bisa menggunakna menu "Histori" di tandai dengan anak panah di tengah.
- Nah bagaimana jika kode ini berada di galeri? silahkan pilih menu from galery, di tandai dengan anak panah paling kanan.
- Kalian kana melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
- Atur agar semua kode terlihat semua, see Picture", kemudian tekan tombol "Choose" untuk mulai membaca informasi yang terseimpan, atau "Cancel" untuk membatalkan.


Lihatlah gambar di atas, itu adalah hasil dari Kode QR website yang saya buat tadi, begitu di scan akan langsung masuk ke dalam website, ini pentingnya jaringan internet jika isi dari informasi kode QR tersebut di arahkan pada suatu halaman, sudah pasti akan membutuhkan jaringan internet.

Sampai di sini kamu tahu cara membuat dan membaca kode QR di android, dalam keseharian kita secara tidak sadar pasti sering bertemu dengan kode QR, baik yang menempel pada sebuah produk kemasan, ticket pesawat, Ticket kereta dan masih banyak yang lainya.

peringatan!!! Artikel ini saya buat untuk kebaikan, jangan pernah menyalah gunakan apa yang saya bagikan, apalagi digunakan untuk komunikasi dengan selingkuhan, Meyembunyikan sesuatu dengan tujuan agar istrimu tidak tahu dan tidak curiga, percayalah semua yang tidak baik pasti akan terbongkar dan akan tiba saat penyesalan.

Sekian perjumpaan kita kali ini yang membahas banyak tentang kode QR, lain kali kita sambung dengan topik yang berbeda.

Artikel Terkait

2 komentar

waaahhhh... kalimat terakhir ada sesuatu yang tersembunyi ini, membuka hati saya untuk mencoba melakukan hal-hal yang "itu"... hiks... hiks...

waduhh, bagaimakah kisah selanjutnya??


EmoticonEmoticon