Tuesday, April 4, 2017

Membuat dan Menggabungkan PDF di Android

Membuat dan Menggabungkan PDF di Android, PDF adalah salah satu format file yang di buat oleh sistem bernama Adobe, pertama pada tahun 1993 yang saat itu sengaja di buat dengan tujuan mempermudah proses pertukaran dokumen digital, pada dasarnya file berextensi PDF digunakan untuk mempresentasikan dua komponen dalam file yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor.

Pada awal kemunculan PDF tidak terlalu banyak diminati, bahkan penggunaan bisa dikatakan relatif rendah mungkin karena pada saat itu PDF masih menjadi suatu produk yang komersil, tidak digratiskan seperti sekarang, dan dulu untuk membuat file menjadi PDF hanya bisa menggunakan Acrobat Reader yang sekarang berubah menjadi Adobe Reader, dan hanya perangkat komputer sajalah yang bisa mengoperasikannya, sejalan dengan berkembangnya zaman akhirnya di buat juga PDF yang bisa dibuka dan dibuat dalam perangkat android, pada kesempatan kali ini kita akan bahas cara Membuat dan Menggabungkan PDF di Android.

Yang Pertama cara membuat file menjadi pdf, baik itu Image berformat jpg,png ataupun dokumen, lalu bagaimana cara membuatnya.
Pdf merge
1. Membuat atau Mengconversi file menjadi PDF
- Untuk melakukan langkah ini di butuhkan aplikasi pihak ketiga, bisa memanfaatkan Convert JPG ke PDF atau lebih dikenal IMG2PDF, Silahkan Download IMG2PDF nya terlebih dahulu untuk melanjutkan. 
- Buka Aplikasi tersebut dan kamu akan menemukan tampilan seperti ini :
- Sekarang Klik pada tanda (+) seperti yang terlihat pada gambar di atas kemudian kalian akan masuk dalam directori penyimpanan, pilih file yang akan diubah dengan cara di tekan agak lama sampai ada tanda ceklis seperti gambar berikut.
- Dari gambar di atas sudah terlihat bukan? sekarang tekan tombol bulat warna merah dengan tanda ceklis, kemudian kalian akan di bawa ke proses berikutnya.
- Sekarang tekan "Convert To PDF" untuk mulai mengubah format jpg menjadi pdf, sampai di sini kalian sudah bisa membuat file pdf di Android, untuk mengecek file hasil convert kamu bisa membuka Penyimpanan _ Semua File _ SD Card Memory _ Buka folder "ImageToPdf" di sinilah letak filenya.

Informasi, Membuat file PDF menggunakan aplikasi IMG2PDF bisa dalam mode Offline, karena saya sendiri mencoba aplikasi ini pada saat HP dalam keadaan Mode Pesawat.

2. Menggabungkan Dua file PDF menjadi satu.
Ada dua aplikasi yang bisa kita gunakan 

A. PDF merge aplikasi yang di tawarkan oleh waccaw bisa berjalan pada android 2.1, silahkan download aplikasi PDF Merge untuk lanjutkan menggunakan.
- Buka aplikasi tersebut dan kamu akan menemukan tampilan seperti ini.
- Tekan tombol yang dibulati dengan warna merah (+) seperti yang terlihat digambar, kemudian pilih file dengan memeberi tanda ceklis / centang pada kiri file (lihat gambar di bawah)
- Tekan "OK" dan kamu akan masuk ke dalam tampilan aplikasi seperti gambar di bawah.
" Tanda X yang saya tunjukkan dengan anak panah warna merah berfungsi untuk menghapus / cancel file pdf terpilih untuk di gabungkan
- Kemudian Pilih "Merge" untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
- Berikan nama / ubah nama default untuk mempermudah nantinya kamu mencari file pdf yang akan di gabungkan menjadi satu, lalu tekan pilihan "ceklis warna hijau muda" untuk memproses penggabungan.

" kalian bisa menyatukan 2,3 dan seterusnya untuk menjadi satu dalam aplikasi ini.


B. Xodo PDF Reader & Editor, silahkan download aplikasi Xodo PDF Reader & Editor atau di Play store, aplikasi dari Xodo Technologies Inc, berukuran cukup kecil 3Mb.
- Buka aplikasi Tersebut dan akan tampil seperti ini dilayar android kamu, pilih file yang akan kamu gabungkan dengan cara ditekan.

- Kemudian tekan pilihan dengan tanda (+) dipojok kanan atas dan akan tampil dua pilihan lagi.
- Pilih "Merge" kemudian kamu akan di bawa ke sebuah tampilan seperti ini.
- Tekan Tombol biru dengan tanda panah ke bawah.
- Sekarang berinama pada hasil file yang akan di gabungkan, sebisa mungkin yang mudah di ingat untuk mempermudah pencarian.

Daftar Aplikasi terbaik untuk mengelola pdf di Android:
- PDF Reader
- King Soft Office+pdf
- Redaee pdf Reader
- Smart Q reader
- MuPDF
- Lite PDF Reader
- Adobe Acrobat Reader
- WPS Office+pdf
- PDF viewer
- Google Pdf Viewer

Demikian ulasan cara membuat file PDF dengan mengubah file berextensi Jpg menjadi pdf, dan menyatukan dua file pdf, sekiranya bermanfaat mohon bagikan atau setidaknya tinggalkan jejak berupa komentar dalam poastingan Membuat dan Menggabungkan PDF di Android kali ini.

Artikel Terkait

2 komentar

Ane baru tahu kalo skrg pdf ternyata bisa digabung. Nice info..(y)


EmoticonEmoticon