Saturday, August 26, 2017

5 Tanda Virus berbahaya bersarang yang jarang diketahui

Tags
Dari berbagai kalangan telah setuju bahwa yang di sebut virus adalah penyakit perangkat yang amat merugikan. Baik dilihat dari kinerja perangkat berupa Smart phone android, mencuri data tentang aktifitas pribadi, bahkan sampai menimbulkan kerugian berupa materi.
Awas virus

Jika perangkat kamu telah terinfeksi oleh virus, sebaiknya segera masuk safe mode dan lakukan langkah menghapus virus secara efektif dari android kamu.

Lalu bagaimana sih ciri-ciri perangkat android yang terkena virus tersebut? Mari simak' akan coba saya bahas.

1. Baterai Smart Phone cepat habis
Cepat habis disini diluar pemakaian aktif kamu menggunakan Phonsel android untuk bermain game online dan sebagainya. Karena akan menjadi wajar jika baterai cepat habis andai digunakan untuk bermain game HD secara sporadis.

Daya cepat habis yang saya maksud adalah ketika habis tanpa sebab yang masuk akal, bahkan baterai akan cepat habis sendiri saat mode stand bay (tunggu). Sebab virus beraktifitas dibelakang layar tanpa kamu tahu dan mencuri beberapa data serta menguras daya baterai yang kamu miliki.

2. Kuota Internet sangat boros
Sama seperti di atas, hal ini juga diluar pemakaian online kamu beraktifitas menonton video youtube, dan berbagai aktifitas yang menghabiskan banyak kuota lainya. Bayangkan saja jika kamu sering nonton video di youtube pasti wajar jika kuota cepat habis.

Diluar itu, virus bisa saja menghabiskan semua kuota paket internet kamu karena, virus adalah software yang sangat pandai bersembunyi, dia akan susah sekali beraktifitas walaupun tak terlihat menggunakan paket data kamu. Sebab dia akan berjalan dibelakang layar tanpa terlihat kecuali jika sudah memasuki stadium akut. Mengenai kebiasaan penyakit android ini banyak dipercaya oleh beberapa orang yang mahir dalam bidang teknologi, jadi bukan hanya saya yang mengatakan begitu.

3. Lama memproses atau membuka Aplikasi
Hp lemot juga bisa di identifikasikan terkena virus, sebab salah satu pekerjaan virus yang nyata adalah begitu aktif dan menggangu sistem yang berjalan pada smart phone terutama android. Dia akan memberikan beban lebih pada kinerja perangkat kamu secara signifikan.

Tapi,  keadaan ini diluar kondisi dari ruang penyimpanan memori yang sudah penuh atau Ram sangat kecil. Wajar saja jika Hape lemot karena menyimpan data melebihi batas memori, dan bekerja di atas spesifikasi yang tertera dalam Ram, contoh :
A. Bermain game HD pada perangkat dengan ram 750Mb, bukan hanya lemot tapi terlalu memaksakan.
B. Bermain game online seperti Mobile Legend pada smart phone berkapasitas ram 1GB, mungkin gak sih?

4. Tampil iklan dimana-mana
Virus yang sudah seperti ini sangat mengganggu kamu dalam memakai perangkat, karena biasanya dia akan tampil saat kamu aktif menggunakan android. Dia akan tampail ketika kamu mulai dari membuka kunci layar, menulis pesan singkat, pesan whats App, bahkan saat menggunakan aplikasi premium dan aplikasi bebas iklan.

Saya pernah merasakan ganasnya virus seperti ini, dia memanipulasi sistem dan malihrupa menyerupai aplikasi legal seperti Google Play games. Awalnya saya kebingungan karena tidak ada aplikasi yang mencurigakan dan anehnya, virus tersebut lolos dari scan Antivirus untuk android versi Premium (AVeGe). Untungnya saya sigap dan cepat ambil tindakan Flasing Ulang melalui Pc dengan ganti Firmware Legal, asli dari Developer nya.

5. Sering Mengirim dan Menerima pesan aneh
Sangat berbahaya dan kamu wajib berhati-hati, sebab ini mungkin saja bisa terjadi pada kamu. Virus dalam jenis tertentu dapat membuat smartphone kamu mengirim sms sendiri, bahkan menurut ahli dia bisa melakukan panggilan secara sembunyi. 
Bukan hanya itu, virus dengan kekuatan sebesar itu biasanya hasil dari phising, yang memungkinkan orang lain mengambil alih kontrol phonsel dengan cara hack melalui virus yang di injeksikan ke perangkat.

Tidak jarang virus jenis ini merugikan dalam bentuk materi sebab, dengan kekuatan sebesar itu dia mampu merekam semua kegiatan yang kamu lakukan dalam beraktifitas menggunakan phonesel, baik dalam perbankan ataupun kegiatan komersil lain bahkan mungkin dia bisa tahu wajah kamu. Dengan informasi sebanyak tersebut tidak susah melakukan transaksi dan menguras keuangan kamu.

Itulah 5 tanda virus berbahaya bersarang yang jarang diketahui di hape kamu, Sekiranya ada tanda-tanda diatas maka segera ambil tindakan untuk mengamankan perangkat dan beberapa aset penting kamu, agar kelak tidak menyesal kemudian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon