Friday, August 25, 2017

Mengatasi Virus yang menginfeksi Android

Tags
Keberadaan virus di dunia maya sangat berbahaya untuk semua kalangan, sementara itu Android adalah perangkat yang sangat mudah di masuki oleh virus dari berbagai cara.

Dari situs yang terinfeksi virus bahkan sampai aplikasi yang di instal dalam perangkat sekalipun. Khusus dari aplikasi, biasanya virus di injeksikan terlebih dahulu sebelum di bagikan, ini yang harus kalian perhatikan jika ingin menginstal sesuatu harus dari sumber yang terpercaya, tidak boleh sembarangan unduh dan pasang.
Menghapus virus di android

# Pasang Antivirus untuk android

Ada baiknya kalian pasang antivirus untuk android sebelum terkena infeksi virus, walaupun mungkin tidak aman 100% setidaknya akan meminimalisir terjadinya kontak dengan penyakit perangkat tersebut. Saya sarankan instal Antimalwarebit untuk melindungi android kamu.

Tetapi, bagaimana jika perangkat sudah terinfeksi oleh virus malware? Bersihkan perangkat segera dengan cara "Scan" setelah terindentifikasi segera hapus file yang mengandung virus dari Perangkat Smartfren.

# Masuk Safe Mode

Jika cara di atas belum berhasil silahkan lanjut untuk mencoba safe mode, cara ini banyak di gunakan para pengguna smart phone yang terinfeksi virus. Karena biasanya file atau aplikasi yang rusak tersebut akan nampak dalam tampilan ini, jika sudah ditemukan segeralah hapus.

Namun tidak mudah untuk menemukan virus yang tersembunyi dalam perangkat, kamu bisa cek satu persatu aplikasi yang mencurigakan dan hapus sampai benar-benar merasa sudah bersih dari virus.

Kadang sampai cara ini juga belum berhasil karena mungkin saja virus tersebut menyusup masuk dalam aplikasi yang anda percaya. Bahkan dalam aplikasi yang sangat dilindungi, terpaksa anda harus melanjutkan ke tahap berikutnya. 

# Lakukan Hard Reset

Langkah ini terpaksa dilakukan karena, tujuan dari hard reset adalah membersihkan semua file perangkat dari semua data yang tersimpan selama digunakan. Ini juga sangat disarankan oleh banyak pengguna gadget yang pintar. 

Saya sendiri juga pernah melakukan hard reset HP Oppo smartphone saya ketika terkena virus.

Cara ini memang ampuh tapi ternyata tingkat keberhasilan menghapus virus dalam angka 99%, yang artinya masih ada kemungkinan virus masih tersisa di perangkat kamu.

Jika belum berhasil terpaksa kamu harus melakukan langkah berikutnya, karena virus dipastikan sudah menginfeksi sistem android kamu terlalu dalam.

# Flashing dan ganti Firmware

Ini adalah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membunuh virus. Dengan mengganti firmware di pastikan tidak akan ada lagi data yang tersisa dalam perangkat kamu, Sebaliknya kamu harus benar-benar memulai dari awal lagi.

Kekurangan dari langkah ini adalah, kamu harus sangat ekstra hati-hati dalam memilih sumber firm ware,  sebab jika salah ambil bukan sembuh dari virus malah nantinya tambah parah. Jika bisa jangan download sembarangan, mintalah pada developer asli perangkat kamu.

Artikel Terkait

2 komentar

Yang sering hp saya malah banyak iklan pop up gan, kalau itu bagaimana cara mengatasi nya, apakah sama saja dengan virus?

Kalau iklan pop up saat mengunjungi halaman itu sudah biasa mas, bahkan banyak pemilik blog memasang iklan jenis itu.. Akan tetapi jika sampai anda buka aplikasi seperti google plus dan Wa juga tampil iklan sejenis... Saya sarankan di flash lewat pc


EmoticonEmoticon