Thursday, August 31, 2017

Cara Backup data dan aplikasi dengan mudah

Bagaimana jika terjadi sesuatu pada perangkat anda saat sedang jalan-jalan. Misalkan, Smartphone kamu terjatuh ke lubang air dan rusak sampai tidak bisa diperbaiki lagi. Padahal SmatPhone itu adalah sumber dimana kamu menyimpan segala sesuatu, semua berkas yang berhubungan dengan aplikasi serta catatan penting kamu. Maka dari itu, sebelum semua terjadi segera lakukan Backup SmartPhone yang kamu miliki, untuk melindungi foto dan berkas penting dan lainya.
Smartphone Backup

BackUp SmartPhone dari Android

Pada SmartPhone yang beredar dipasaran pasti dilengkapi menu BackUp, Hanya saja berfariasi dan berbeda setiap brand. Contohnya dalam SmartPhone yang saya gunakan, yaitu OPPO SmartPhone A37 terdapat sebuah layanan menyimpan bernama O-Cloud, Sayangnya fitur dari aplikasi bawaan tersebut hanya bisa mencadangkan data Kontak dan SMS. Untuk menggunakan layanan ini kamu bisa langsung menuju Pengaturan >> O-Cloud >> Buat akun >> Cadangkan

Masih dalam SmartPhone Oppo, kamu bisa mencadangkan beberapa berkas dalam sistem, kamu bisa langsung menggunakan fitur tersebut dengan masuk Setting >> Cadangan dan Pulihkan >> Pencadangan Otomastis. Tapi, fitur ini mempunyai kekurangan karena file yang kamu simpan berupa Data Sistem, Aplikasi dan file lainya dapat diakses melalui jaringan serta di perbarui pada jam tertentu.

Selain hal itu, Setiap SmartPhone pasti dilengkapi juga dengan Google Foto yang di integrasikan dengan Google Drive. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menyimpan berbagai berkas dengan mudah.

Cara menggunakan fitur google foto back up, Silahkan Tap Icon Google foto, kemudian lihat samping kiri atas logo garis bertumpuk tiga, sekarang tap pada menu "Setelan" kemudian pilih "Cadangan & Sinkronasi".

BackUp SmartPhone Dengan PC dan Laptop.

Pada dasarnya, setiap pemilik akun Google yang menyinkronkan semua data didalamnya, secara otomatis dapat mengakses file tersebut melalui PC. dengan bantuan internet tentunya.

Di bawah ini saya sengaja membuat tambahan, tujuanya untuk memberikan kamu pilihan untuk mencadangkan berkas. Sebab, tidak semua orang mampu mengingat pasword akun mereka, kemudian timbul masalah baru, yaitu tidak bisa mengakses akun tersebut dan otomatis tidak dapat mengakses berkas.

Back Up berkas dengan pc Off line, kamu bisa membuat duplikat berkas dan menyimpanya di komputer dengan cara menyambungkan kedua perangkat tersebut menggunakan kabel usb. Syaratnya kamu harus memiliki kabel data yang compatibel serta telah menginstal Usb Driver pada PC. Tidak membutuhkan koneksi internet disini, kamu hanya perlu meng Copy berkas dari SmartPhone dan mem Pastekan pada PC setelah kuduanya terhubung. Tapi, Khusus untuk file berupa aplikasi, kamu harus menggandakan atau duplikat terlebih dahulu,  Setelah itu kamu bisa pindahkan file hasil duplikat tersebut ke PC.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon