Friday, September 1, 2017

Cara Mudah Membuat komik di SmartPhone Android

Cerita bertema Animasi Unik dan di bungkus dengan skenario lucu pastinya akan membuat banyak netizen tertawa. Senyum lebar saja sudah cukup membuat kita bangga sebagai creator, apalagi jika mendapat respon cukup banyak dari orang sekitar kita. Tentunya, akan menjadi kepuasan sendiri jika hal seperti itu bisa kita dapatkan, untuk itu kami terbitkan cara mudah membuat komik di SmartPhone Android. 
Komik android

Kesulitan menggambar menjadi tembok penghalang yang cukup keras. Tapi, tidak usah terlalu dipikirkan. Semua bisa teratasi asal, kamu mempunyai niat juang tinggi untuk membuat sebuah cerita menarik yang di sertai gambar.

Membuat cerita bergambar jenis animasi atau Komik, sangat mudah di lakukan dalam SmartPhone Android, tidak butuh waktu lama dan tidak juga membutuhkan keterampilan menggambar. Namun,  ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebagai modal membuat komik yang menarik. 

A.  Bahan dan Alat

- Tema, sebagai landasan akan seperti apa sisi menarik dalam komik.
- Alur Cerita, ini penting untuk kamu pertinbangkan karena, niat kamu membuat komik adalah menyampaikan sesuatu. Dan alur cerita adalah ruh yang akan sangat menentukan hasil dari komik yang akan kamu buat.
- Kreatifitas, meski tidak perlu menggambar, kamu juga perlu mengasah kreatifitas. Tidak harus menonjol karena di sini akan di asah maksimal.
- Alat (Aplikasi pendukung), Sebagai ganti keterampilan yang tidak kamu miliki. 
- Sebuah perangkat berupa SmartPhone Android dalam versi minimal Jelly Bean (4.1).


B. Langkah membuat Komik

Sekarang lanjut ke tahap pembuatan komik, di sini saya akan coba mengangkat tema Super Hero Vs Superan. Karena Super Hero adalah tokoh yang paling di minati oleh banyak kalangan. 
1. Download aplikasi pihak ketiga " Comic & Meme Creator" dari Play store.
2. Buka aplikasi tersebut, pilih saja "Work Off line", membuat komik tanpa menggunakan data seluler biar lebih hemat.
3. Pilih "New".
4. Setelah itu akan ada Lay out baru, tampilan awal membuat komik.
Komik dan meme

Kamu bisa langsung memilih baground, tokoh animasi yang akan di gunakan Hingga menjadi pembuka yang manis.
Tuangkan imajinasi dan kreatifitas kamu untuk menentukan gerak tokoh dalam komik, percakapan yang terjadi dan keindahan warna semaksimal mungkin.

Untuk memperjelas menu silahkan lihat beberapa keterangan pada gambar di bawah ini. 
a. Di gunakan untuk menambahkan tokoh animasi, objek berupa makanan dan minuman,  extra berbagai macam kendaraan dan menambkah baground termasuk juga menghapusnya.
b. Untuk membuat frame baru, termasuk juga menduplikat kamik yang sudah di buat, bahkan mengganti frame. 
c. Menu ini digunakan untuk menambahkan sebuah meme yang tersedia, wajah baru berupa animals keren dan menambah efek komik, atau foto dari galery dan camera. 
d. Menambahkan gelembung dialog dengan bermacam-macam pilihan, semua biasa di gunakan dalam komik.
e.  Untuk save komik, priview,  dan berbagai macam pilihan penyimpanan, di sana juga tersedia memilih menyimpan dengan gif (gambar bergerak). 

Mulai membuat komik dengan adegan bertarung super hero.

- Pilih menu (a) dengan tanda (+) masukkan banground dan tokoh dalam cerita komik. 
Komik superhero

- Pilih menu (d) lalu masukkan beberapa percakapan dalam komik.
Komik superhero

- Setelah itu buatlah gerakan tokoh dalam komik kamu, kamu bisa tap karakter super hero kemudian di bawahnya akan tampil beberapa pilihan seperti flip, rezise, dan move.
Komik superhero

- Jangan lupa tambahkan effek juga untuk menambah sisi manarik sebuah adegan.
Komik superhero

- Sekarang tutup adegan agar menarik, silahkan tentukan akhir dari cerita.
Komik superhero

- Selesai. 

Perhatikan menu yang saya lingkari dengan kotak warna merah, menu tersebut digunakan untuk merubah gerak dan mengubah ukuran tokoh dalam komik yang dibuat.

- Mulai dari yang paling kiri, digunakan untuk merubah gerak, jika kamu tap akan tampil beberapa gerakan dari tokoh yang kamu pilih.
- Tengah kiri, biasanya untuk membuat flip gerakan, merubah ukuran tokoh, dan rotasi. 
- Tong sampah paling kanan, untuk mengapus tokoh, dialog dan semua yang kamu tambahkan dalam cerita.

Sampai di sini seharunya kamu sudah bisa membuat komik di SmartPhone Android,  Silahkan kembangkan sendiri keterampilan kamu dalam membuat komik.

Tambahan :
Comic & meme creator bukan satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan membuat komik, kamu juga bisa membuat komik dengan aplikasi lainya yaitu Draw Cartoon & FlipaClip-Cartoon serta Aplikasi terbaik lainya

Sekian sampai di sini tutorial kita cara mudah membuat komik di SmartPhone Android, jika masih ada yang ingin disampaikan silahkan tulis di kolom komentar, mulailah berlangganan melalui email untuk mendapat Update artikel kami. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon