Saturday, November 4, 2017

Cara mudah kunci aplikasi di android dengan pin/pola/gesture/karakter

Cara mudah kunci aplikasi di android dengan pin, Sering kesal dengan kelakuan pasangan atau teman yang suka membuka aplikasi privat seperti Black Berry Massenger atau whats App? Privasi adalah hal yang sangat penting! Jika itu benar menurut Anda perlu tindakan untuk mengunci aplikasi tersebut agar tidak dapat di buka orang lain dan minimal membutuhkan pasword untuk dibuka.

Pengalaman pribadi...
Saya sendiri sering meminjamkan smartphone oppo a37f kepada teman untuk bermain game. Ya tidak ada salahnya toh berbagi sedikit.

Akan tetapi lama-semakin lama saya lihat banyak orang komplain karena pesan yang mereka kirim hanya di baca dan tidak saya balas. Dengan adanya hal itu, saya coba mencari tahu penyebab dengan membuka pesan tersebut dan ternyata memang sudah terbuka sebelum saya baca.
Mengunci aplikasi android
Cara mudah kunci aplikasi di android dengan pin

Hal tersebut sontak membuat saya geram dan berfikir untuk mengunci kunci aplikasi tertentu yang bersifat rahasia. Kunci Aplikasi ini ternyata memang cukup baik digunakan.

Cara kunci aplikasi di android


Langkah yang saya lakukan untuk mengatasi masalah yang saya hadapi karena hp sering di pinjam, pertama download aplikasi applock (Smart App Lock/App Protector). 

Smart App lock merupakan sebuah aplikasi pengunci android canggih yang di persembahkan sp soft, cara kerjanya hampir mirip dengan fungsi Smart lock bawaan HP, tapi anda dapat memilih aplikasi mana saja yang akan di gembok.

Setelah anda download aplikasinya sekarang buka dan lakukan beberapa pengaturan pada aplikasi.
Ada empat slide menu yang fungsinya kurang lebih seperti berikut :

- Setting
Di sini banyak sekali pengaturan yang dapat anda tetapkan termasuk di antaranya type kunci layar (pin, pola, gestur, karakter). Dalam menu ini anda juga bisa menentukan gambar untuk di jadikan background, kata sambutan untuk membuka kunci.

Apa cuman itu saja? Tidak! Anda dapat mengunci bebagai hal dalam sesi ini. Termasuk di antaranya mengunci panggilan masuk/keluar, mengunci wifi, Blue Tooth, koneksi usb, Data 3G,  sampai otomatis kunci aplikasi yang baru di instal.

Yang lebih seram lagi, terdapat menu kunci multi pasword yang memungkinkan anda membuat kata kunci berbeda untuk setiap aplikasi. 

Pengatur jarak jauh, fitur ini dapat anda pakai untuk mengunci aplikasi hanya melalui sms. Sekedar pengaman saja, siapa tahu hp pindah tangan tanpa ikatan, fitur ini dapat membantu mengunci beberapa aplikasi perbankan anda kemudian cari hp yang hilang tersebut dengan Aplikasi Android Device Manager.

- App Lock, tab ini berfungsi untuk mengatur beberapa aplikasi yang akan anda kunci. 

- Layar, Fungsi dari tab ini untuk mengatur atau menambahkan beberapa aplikasi agar tetap berjalan, atau dengan kata lain aplikasi tersebut tetap terbuka meski layar telah terkunci.

- Putaran, anda dapat menambahkan satu aplikasi atau lebih agar tetap dalam mode layar landscape / potrait.

Mengaktifkan App Smart Lock


Buka aplikasi tersebut kemudian nanti akan di minta memasukkan pin dan konfirmasinya, kemudian akan ada popup yang meminta ijin akses aplikasi Smartlock app secara penuh, contoh lihat gambar di bawah ini. 

Pilih "ok", kemudian anda akan masuk pada pengaturan telephone, silakan geser ke kanan pada tombol sebelah kiri aplikasi smartlock yang masih off untuk mengaktifkan.

Menggunakan kunci aplikasi dengan fitur Applock

Cara mudah kunci aplikasi di android dengan pin dan mengaturnya:
- Buka aplikasi.
- Masuk ke setting >> pilih "kata sandi & pengaturan pola" >> Tentukan jenis kunci (Pin/Pola/ Gestur/karakter)
- Pindah ke tab AppLock
- Gunakan tanda (+) di bagian bawah untuk menambahkan satu atau lebih aplikasi yang akan di kunci, setelah itu anda akan masuk pada tampilan ini.
Cara mudah kunci aplikasi di android dengan pin
Geser untuk kunci
- Geser tombol pada salah satu aplikasi untuk mengaktifkan penguncian, setelah itu anda akan di minta memasukkan kata sandi baik itu Pin (Angka), Pola, Gestur, Karakter (Huruf) serta konfirmasi sandi tersebut.
- Sekarang penguncian telah aktif. 

Aplikasi ini mendukung untuk semua aplikasi android. Jadi anda tidak usah download aplikasi kunci galeri karena anda cukup mengaktifkan fitur untuk mengaturnya saja. 

Aplikasi ini juga dapat di gunakan untuk beberapa merek hp dan mengunci aplikasi di android Samsung Galaxy, oppo, vivo, Smartfren dan banyak lagi.

Note : jika saat pertama kali anda membuka aplikasi dan di mintai pin serta konfirmasinya, berarti pin yang anda gunakan saat ini adalah nomor yang anda masukkan tersebut.

Sekian post Cara mudah kunci aplikasi di android dengan pin, jika masih ada pertanyaan silahkan berkomentar atau hubungi saya melalui form kontak.

Artikel Terkait

2 komentar

Pengunci aplikasi, tutorial yang sangat berguna teman

Terimakasih gan, sudah bersedia mampir


EmoticonEmoticon