Friday, September 1, 2017

Cara Mudah & Asik belajar Bahasa Inggris : DuoLingo

Apakah anda serius ingin belajar Bahasa Inggris? Dewasa ini bahasa ingris adalah salah satu bahasa wajib dalam Ujian kelulusan sekolah tingkat atas dan Menengah. Meski begitu, tidak bisa di pungkiri bahwa masih banyak di antara mereka yang lulus, belum terlalu fasih menggunakan bahasa International ini.

Apa perlu belajar bahasa English? Saya rasa yang dinamakan "Ilmu" hukumnya wajib untuk di perlajari. Apa lagi di jaman sekarang semua serba Digital (menggunakan Komputer), dimana dalam setiap perangkat telah menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa baku dalam program mereka. Walaupun memang sudah banyak beredar perangkat yang menggunakan bahasa setempat (Lokal), termasuk Indonesia.
Belajar bahasa inggris
Santai belajar Untuk mempercepat meresapnya ilmu
Ada beberapa situs belajar bahasa inggris yang saya sarankan untuk mengasah kemapuan berbicara seperti Confident Speak English dan English Talk.

Tapi, untuk learning english tidak harus kursus atau sekolah privat loh, ada sebuah aplikasi yang sengaja dibuat khusus untuk belajar bahasa Asing d android, penggunaanya sangat mudah dan menyenangkan. Cocok sekali untuk anda yang mau memulai belajar dari Nol (0) sampai mereka yang sudah hafal dan ingin melancarkan bahasa tersebut.

Duo Lingo : Belajar Bahasa Inggris

Adalah Aplikasi Terbaik berbasis game yang di kembangkan oleh pengembang dari Pittrsburgh ini sangat direkomendasikan oleh saya dan editor Google Play Store, di sana kamu akan di ajarkan semua yang perlu kamu pelajari dalam bahasa inggris seperti:
* Kata-kata dasar dalam bahasa inggris seperti : Iam, a, Woman, Boy.
* Frasa atau frase adalah sebuah makna linguistik. Lebih tepatnya, frasa merupakan satuan linguistik yang lebih besar dari kata dan lebih kecil dari klausa dan kalimat. Frasa adalah kumpulan kata nonpredikatif.
* Kata Jamak, yang merupakan sebuah tata bahasa jumlah, yang mengacu pada lebih dari satu rujukan di dunia nyata. Dalam bahasa Inggris, tunggal dan jamak adalah tata bahasa jumlah satu-satunya. Contoh kita bentuk jamak: mobil-mobil (Cars), kapal-kapal (ships), rumah-rumah (Houses), teman-teman (Friends).
* Kepemilikan, Makanan, Hewan dan semuanya dalam bahasa inggris.
* Kata Sambung / Konjungsi / konjungtor adalah kata atau ungkapan yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat, kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, serta kalimat dengan kalimat, Contoh : As= kami , Because = Karena, For = Untuk, But = Tapi, And = Dan.

Layaknya sebuah permainan lainya, Duo Linggo : Belajar Bahasa Inggris juga memberikan empat mode yang dapat anda pilih, diantaranya : 
Santai = Belajar tata bahasa selama 5 menit dalam satu hari.
Biasa = 10 Menit.
Serius = 15 Menit.
Gila = 20 Menit dalam sehari. 

Saya rasa untuk kamu lebih greget jika menggunakan mode Gila, tujuanya agar anda makin cepat fasih menggunakan bahasa inggris. Sebuah pepatah mengatakan "Witing Tresno jalaran soko kulino" yang berarti Cinta itu karena terbiasa, dengan membiasakan diri belajar bahasa inggris akan membuat kamu mencintainya dan mudah untuk menghafal. 

Atau pepatah lain untuk memompa semangat anda dalam belajar "Every man is the architect of his own fortune" yang artinya Hidupmu adalah hasil jerih payahmu. Jadi kamu mesti bersusah payah dulu Belajar Bahasa Ienglish , agar kelak dapat memanfaatkanya.


Cara Bermain Game sekaligus belajar


Mari mulai bermain game dan belajar bahasa inggris menggunakan aplikasi Duolingo, setelah game terpasang silahkan buka dan tentukan mode permainan. Mode Mudah, Biasa, Serius atau Gila. Kemudian, nanti akan ada pertanyaan yang di sertai gambar seperti ini :
Duolingo
Soal bahasa inggris bergambar
Di atas ada sebuah pertanyaan yang di ikuti dengan empat jawaban, setelah anda menentukan jawaban silahkan tekan "Cek" untuk melihat hasil jawaban anda benar atau tidak.
Duolingo
Soal bahasa inggris menerjemahkan
Selain soal bergambar ada juga soal terjemahan, anda di tuntut untuk menerjemahkan kalimat yang tertera, setelah jawaban anda tulis kemudian pilih "cek" kembali untuk mencari tahu apakah jawaban anda salah atau benar. Lanjut ke soal belajar bahasa inggris berikutnya. 
Soal bahasa inggris
Soal listening belajar bahasa inggris
Di atas adalah contoh soal suara, yang biasa di sebut dalam bahasa inggris "Listening", mendengarkan suara untuk memperoleh jawaban. Setelah terdengar suara anda di tuntut menberi jawaban dengan menulis ulang suara yang keluar dari Speaker. jika kurang jelas, anda bisa ulangi suara tersebut dengan menekan logo speaker, dan jika jawaban anda benar maka akan tampil seperti gambar di atas.
Mengucapkan duolingo
Soal say learning English
Selain soal bergambar, menerjemahkan dan listening ada juga soal berupa ucapan lisan (Say). Sebelum menjawab kamu harus menekan tombol mikrofon, kemudian anda harus mengucapkan apa yang tertulis di atas mikrofon. Silahkan kembali menekan tombol "Chek", untuk melihat hasil dari jawaban anda. 

Soal jenis ini yang paling saya sukai, karena menuntut kita harus benar dalam mengucapkan. Tidak hanya terus berdialog dengan orang untuk memperlancar pengucapan (say),  karena bisa di lakukan juga dalam bermain game. 

Selain untuk orang dewasa game ini juga cocok dimainkan kecil yang masih sekolah, sebab akan menambah wawasan mereka tentang bahasa inggris, jadi mereka bisa bermain game sambil Learning Bahasa Inggris. 

Sampai di sini masih ada yang perlu di tanyakan? Jika masih ada silahkan bubuhkan dalam kolom komentar. Semoga artikel cara mudah & asik belajar bahasa inggris : duolingo ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian. 

Artikel Terkait

3 komentar

terima kasih infonya..manfaat sekali..saya pengen banget belajar bahasa inggris..tapi kerkendal;a hafalan..hehe mungkin amplikasi ini bisa menjadi solusi terbaik..

Aplikasinya ini lebih education banget, dan cocok ini buat belajar, apa lagi untuk anak2 remaja yg sekarang udah nempel hp aja ketimbang buku.

Bener banget mas irvan hermanto...
Mamang bagus buat pemula atau yang sudah bisa


EmoticonEmoticon