Monday, April 3, 2017

Android Marsmallow & Lollipop

Android Marsmallow & Lollipop, Sejarah menuliskan bahwa perkembangan smartphone berbasis android sangat signifikan kemajuannya, alasan untuk itu sudah jelas, melihat jumlah minat pengguna sangat banyak, bahkan bisa di katakan tidak ada statistik penurunan, keadaan ini dimulai saat android pertama (Cup cake) di ikuti oleh versi berikutnya Donut sampai terakhir yang belum rilis Android Oreo 8.0.

Sebelum lahirnya android dalam versi Noughat (7.0) telah dipasarkan lebih dahulu android versi 6.0 (marsmallow) dan versi 5.0 (lollipop), semua mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda, apa saja perbedaan yang ada antara marsmallow dan Lollipop? silahkan simak.
android marshmallow

Fitur Android Marsmallow dan Lollipop

A.Android Marsmallow, beberapa fitur unggulan yang di miliki oleh android versi 6.0 di antaranya :
- Dilengkapi dengan App Drawer, manfaat dari fitur ini adalah kamu bisa dengan mudah menemukan empat aplikasi favorit yang kamu sering gunakan serta scroll berdasarkan huruf abjad, untuk lebih cepatnya lagi disana juga tersedia sebuah kolom pencarian untuk memudahkan kamu mencari aplikasi kesukaan kamu hanya dengan mengetikkan nama dikolom pencarian tersebut, letak dari fitur ini biasanya ada di bagian kanan atas layar.
- SD Card menjadi memori Internal / Read & Write SD Card, Aplikasi ini yang paling bagus menurut saya karena, perubahan signifikan akan terasa jika beban memori internal dapat dipindahkan ke memori External, bisa mempercepat proses pengolahan data sehingga dapat mempercepat smartphone dalam membuka dan memproses aplikasi yang di pasang,  hebatnya untuk menerapkan fitur ini tidak di butuhkan proses Root dan memasang aplikasi pihak ke3 seperti Link2SD, Cara untuk memindahkan aplikasi dalam android marsmallow cukup mudah yaitu :
1. Rubah pengaturan pada penyimpanan / format SD card di android 5.0 caranya, Masuk Pengaturan - Penyimpanan & USB - Pilih SD Card - Option - Format Sebagai Portable.
2. Cara memindahkan aplikasi ke memori External, masuk Pengaturan - Penyimpanan & USB - Internal Memory - Aplikasi - Pilih Mandiri Mobile - Ganti - SD card.
- Di Bekali dengan USB Type C, Ini di aplikasikan pada android Oneplus Two dan Nexus 6P, produk keluaran google ini sangat di minati.
- Finger Print Sensor, ini sudah di aplikasikan dengan beberapa produk Google serta Type merek terkenal seperti SAMSUNG Galaxy A7 (2017), fitur ini semakin memaksimalkan tingkat keamanan Ponsel android karena membuka Layar hanya bisa di lakukan jika sidik jari pemilik menempel pada sensor tersebut.
- App Permission, Fitur ini dapat mengatur semua aplikasi yang akan kamu instal dan sudah di instal dalam perangkat.
- Fitur Doze, dengan ini pengguna dapat menikmati daya tahan baterai yang bertambah karena Doze berfungsi sebagai alat mendeteksi smartphone jika digunakan dan saat tidak dipakai, Jika memang tidak digunakan maka dengan motion sensor yang terpasang akan merubah kondisi HP ke dalam keadaan Stand By / Terjaga.

B. Android Lollipop, dengan kelebihan yang dimiliki android versi 5.0.
-  Dalam android Lollipop kamu bisa mendapatkan informasi detail dari penggunaan Ram yang digunakan oleh masing-masing aplikasi yang berjalan, fitur ini lebih detail dari yang dimiliki oleh Android marshmallow yang hanya menampilkan infromasi penggunaan rata - rata  sampai kemaksimal pemakaian aplikasi.
-  Android versi 5.0 dibekali dengan baterai berteknologi Project Volta, tujuan dari fitur ini adalah untuk menambah daya tahan baterai saat digunakan.

Android Lollipop pertama diresmikan pada tanggal 25 juni 2014 dan mengalami update pada 12 november pada tahun yang sama, salah satu fitur yang sangat berbeda dari versi sebelumnya adalah User interface, perbaikan pada notifikasi yang dapat diakses melalui kunci layar (lock screen).

Begitulah sekiranya ulasan tentang Android Marsmallow (6.0) dan Lollipop (5.0) yang dapat saya sampaikan, semoga informasi yang Jelajah Tekno sampaikan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca. 


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon