Tuesday, October 24, 2017

Mengenali penyebab dan cara mengatasi HP OPPO sering restart sendiri

Anda pengguna smartphone berbasis android merek oppo? Dan HP anda sering me-Restart sendiri? Hehehe.... kaya dukun ya sok tau banget kaya nya Mas kojek ini.

Saya bukan peramal, tapi saya yakin anda yang membaca artikel ini tergoda dengan judul atau kata kunci "Mengenali penyebab dan cara mengatasi HP OPPO yang sering restart sendiri".

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan hp sering mati sendiri. Anda harus diagnosa terlebih dahulu sebelum mencoba memperbaiki kerusakan pada HP anda. Mengapa bisa begitu? Di sini, kita di umpamakan sebagai seorang dokter yang akan mengobati pasien. Untuk dapat menyembukan hp yang rusak maka kita perlu tau dulu pokok penyakit yang di derita oleh sebuah perangkat.

Maka dari itu, mas kojek kelompok-kan masing-masing masalah yang menimbulkan HP oppo sering restart sendiri dan cara mengatasi masalah nya, dari beberapa kasus yang menyebabkan hal tersebut kita bagi menjadi enam macam.
hp sering restart sendiri
hp sering A37 restart sendiri
Enam cara megatasi HP oppo yang sering restart sendiri, dan mengenal penyebab-nya dari yang paling sering terjadi:

1. Baterai habis sekali atau kosong

Phonsel off dikarenakan daya baterai yang sudah habis, ini sering terjadi jika anda terlalu asik menggunakan hp untuk bersosialisasi, nonton video youtunbe, bermain game online yang sedang booming

Untuk mengatasi ini silakan melakukan pengisian baterai ponsel saat mendapat informasi daya betarai rendah. Biasanya akan ada pop up yang terlihat ketika baterai kurang dari 20%, lebih rendah lagi 10% dan yang terakhir 5% setelah itu HP Oppo akan mati jika belum di sambung dengan charger.

2. Salah dalam memasang baterai

Hal ini sering terjadi jika anda biasa melakukan bongkar pasang penopang daya HP. Untuk mengatasi ini silakan lakukan pemasangan baterai dengan benar dan pastikan terhubung baik sebelum di hidup kan. Tidak repot kok, anda cukup melepas casing selain hp oppo dengan non removable baterai. Perhatikan sumbu positif dan negatif jangan sampai terbalik ya.

3. Fitur otomatis mati aktif

Jika fasilitas ini di hidup kan maka HP oppo anda secara otomatis akan mati jika tidak digunakan dalam waktu 10 menit. Tidak di gunakan di sini berarti diam, tidak ada aktifitas dan biasanya hp akan restart ulang saat mode stand by (tunggu).

Untuk menonaktifkan fitur otomatis off anda dapat mengakses pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> Non Aktifkan Mode OTG.
mode mati otomatis
Mode mati otomatis

4. Telalu banyak Aplikasi berjalan di belakang layar

Aktifitas aplikasi yang berjalan tanpa kasat mata akan memakai terlalu banyak memori, hal tersebut tidak jarang membuat beban ram dan memori ponsel. Karena memikul beban berlebih, sebuah smartphone akan blank kemudian mati dan hidup kembali.

Untuk mengatasi ini silakan untuk mematikan aplikasi yang tidak digunakan supaya perangkat anda mempunyai cukup memori untuk beroperasi. Kurangi penggunaan media jejaring sosial dan jika memang harus, sebaiknya hapus saja software tersebut. Pilih dan lihat aplikasi apa saja yang terbaik untuk kamu pasang di OPPO App Store.

5. Terlalu sering menggunakan HP Oppo

Sebuah perangkat yang berada dalam beban operasional tinggi akan menyebabkan ponsel cepat panas (overheat), hal tersebut akan membuat ponsel  restart sendiri secara otomatis.

Untuk menanggulangi hal ini silakan untuk tidak terlalu banyak mengoperasikan beberapa aplikasi sekaligus. Terutama aplikasi yang memakan banyak memori dan Ram seperti game online dan nonton video secara bersamaan. Solusi cepat untuk mengatasi ini, bagi pemilik HP oppo dapat menggunakan fitur "Keamanan" untuk mengkontrol penggunaan aplikasi.

6. Kartu sim longgar

Sebelum anda mengalami hal ini, ada baiknya untuk menghindari gonta ganti sim card secara rutin. Biasanya anda membeli dan menggunakan kartu prabayar yang di jual khusus untuk paket internet. Kurangi penggunaan kartu yang belum terdaftar sesuai kekominfo, segera lakukan registrasi ulang kartu anda. 

Hal di atas dapat menyebabkan patahnya tembaga / kuningan kecil yang bertugas membaca kartu sim, Atau melonggarkan pengaman kartu yang anda gunakan. Segera atasi melakukan pemasangan sim card kembali dengan benar, jika memang sudah tidak bisa lagi anda perbaiki, segera bawa ke costumer service terdekat atau counter agar masalah pada HP oppo restart sendiri teratasi.

Demikian cara mengatasi HP oppo yang suka hidup dan mati sendiri terus menerus, baik secara teratur atau kadang-kadang saja.

Faktor lain yang mungkin dapat mengganggu kesehatan perangkat yang bisa memicu terjadinya hp mati sendiri seperti : 
- Terlalu banyak file cache yang tersimpan dalam memori.
- Terlalu banyak menyimpan berkas seperti hasil video download dan aplikasi berat.
Dan cara efektif mengatasi hal tersebut adalah dengan menghapus nya permanen dari android anda.

Artikel Terkait

5 komentar

sangat bermanfaat tipsnya terutama bagi pengguna smartphone oppo tapi yang saya heran kok cepet panas ya mas untuk merk hp ini

cepet panas nya hp pasti disebabkan karena sering di gunakan untuk bermain game berat atau mengoperasikan-nya terus menerus,hal tersebut juga terjadi pada semua merk smartphone mas,...

This comment has been removed by a blog administrator.

Hape oppo saya sering restart pd saat tdk dipakai, ttp kl dipakai aman. Meskipun sy rajin menutup aplikasi dan membersihkan file2 sampah, tp tetap saja. Bgmn cara mengetahui, jika hal itu krn sering ganti kartu? Krn sebulan/dua bulan sekali ganti kartu paket. Mohon dibls. Mksh mas kojek

Hp oppo yoyo saya saat d pasang batre lgsg nyala sndri,tampilan oppo kluar stelah itu selec languaghe,trus tiba" Mati sndri.trus berulang sperti itu,pnyebabnya apa yach?
Mohon solusi,trimakasih


EmoticonEmoticon