Saturday, October 28, 2017

Mudahnya Upgrade OS Android Samsung Galaxy tanpa PC

Upgrade Os Android samsung, Sebuah software yang terpasang pada sebuah Hp Samsung Galaxy perlu di Upgrade karena sangat menentukan dalam hal kinerja dan ketersediaan fitur baru yang canggih. Dengan adanya pembaruan akan menambah beberapa kekayaan fungsi perangkat yang saat ini anda gunakan. 

Sebagai contoh mudah, pada android dengan versi 5.0 Lollipop masih belum bisa mengaplikasikan fitur finger print karena, persyaratan mutlak yang harus di penuhi HP yang di maksud harus terinstal minimum pada tingkat 6.0 marsmallow.

Jadi untuk menggunakan fitur android terbaru, anda juga harus memperbarui os android yang anda gunakan sekarang sampai ke tahap yang di butuhkan. Misal dari versi 7.0 ke software tercanggih Android Oreo 8.0.

Apa harus di tingkatkan? Semua tergantung sikap anda. Hidup adalah pilihan dan anda juga dapat menentukan apakah harus di Update atau tidak. Saran saya saja, adanya versi terbaru sebagai wujud penyempurnaan dari versi sebelumnya. Jadi mau pakai yang lama terus atau baru? Jika ingin di perbaiki silakan lanjut membaca dan jangan lupa sampai akhir.
Upgrade os android samsung galaxy
Upgrade os android samsung galaxy

Kelebihan Sistem Setelah Update


Berikut beberapa fitur tambahan dengan adanya Upgrade perangkat lunak OS Android Samsung, silahkan baca terlebih dahulu agar anda yakin memperbarui versi android:

- Dari Cupcake 1.5 ke Donut 1.6
Fitur terbaru yang di sediakan dari versi sebelumnya adalah sistem search lebih baik, indikator daya baterai serta kontrol Virtual Private Network. Dalam fitur penampil gambar, android Donut juga memungkinkan pengguna untuk dapat memilih foto yang akan dihapus, hingga proses itu akan lebih mudah. Mulai terintegrasi dengan hardware seperti kamera, camcorder, VPN, Gestures, Text-to-speech engine dan kemampuan melakukan panggilan dari kontak.

Perangkat yang di sarankan update Samsung Galaxy GT-I7500.

- Eclair 2.0 ke Froyo 2.2
Dalam versi ini telah terintergrasi  dengan v8 Javascript yang digunakan oleh mesin perambah Google Chrome, melakukan pemasangan app dalam Memori Extrenal, Fitur berbago koneksi internet Teathring Hotspot Portable dan Auto update pada App mareket seperti Play Store, Oppo App Store.

- Ginger Bread 2.3 ke honeycomb 3.0
Pembaruan yang unik sebab semua ftur disesuaikan dengan perangkat tablet, Sistem Android ini sengaja didesain khusus oleh Google agar bekerja maksimal pada tablet. Kemajuan terjadi karena di dukung sistem multiprosessor serta akselerasi VGA (grafis) untuk menghasilkan tampilan yang sempurna.

- Honeycomb ke Ice Cream Sandwich 4.0
Terdapat fitur tambahan berupa Face unlock atau dalam bahasa indonesia Kunci dengan Wajah, kontrol data jaringan, kontak yang terpadu, perangkat penghasil gambar serta pencarian email dalam mode offline.

Perangkat yang di sarankan di perbarui dari seri GALAXY S II, GALAXY S II LTE, GALAXY Note, GALAXY R, GALAXY Tab 10.1, GALAXY Tab 8.9, GALAXY Tab 7.7, and GALAXY Tab 7.0 Plus.

- Upgrade Os Android Samsung Jelly Bean 4.0.4  ke Kitkat 4.4

Pembaruan ini menghilangkan bug-bug yang dihasilkan versi Jellybean telah dihapus. Sistem pencarian menggunakan voice search, Optimasi pada konsumsi daya.

Perangkat yang dapat di perbarui Samsung Galaxy Lightsgh-t399, Galaxy Note 8.0N5100, Galaxy Megai9200& i9152, Galaxy S III miniI8190, Galaxy Tab 3 8 inci, SM-T310, Galaxy Tab 3 7 inci P3200, Galaxy Tab 3 10 inciP5200, Galaxy Note 10.1 inci, N8000/N8010/N8020, Galaxy Note 10.1 inci P600/P601/P605, Galaxy S III (s3)i9300, Galaxy S4 mini I9190, Galaxy S4I9500, Galaxy S4 Activei9295, Galaxy S4 Zoom, SM-C1010, Galaxy Note IIN7100, Galaxy Note 3N9000/N9005.

- Lollipop 5.0 ke Marsmallow 6.0
Telah di dukung menggunakan USB type C, Pembayaran dari android Android Pay, Fingerprint /Sensor sidik jari, App Permissions, Backup otomatis.

Perangkat yang dapat di update Galaxy Note 5, Galaxy S6 Edge +, Galaxy S6 Edge, Galaxy s6, Galaxy S6 Duos, Galaxy Note 4, Galaxy Note 4 Duos, Galaxy Note Edge, Galaxy Tab A, Galaxy Alpha.

- Noughat 7.0 ke Oreo 8.0
OS Android dalam versi tercanggih ini mempunyai banyak sekali kelebihan dari versi sebelumnya. Di antaranya adalah Autofill, Text Smart Selection, Picture-in-Picture, Emoji, Wifi Aware, Pilihan Notifikasi, dan Audio Option.

Perangkat yang mempunyai kesempatan upgrade tipe Samsung Galaxy S8, Galaxy S8+, Galaxy Note 8, Galaxy S7, Galaxy S7 edge, Galaxy S7 Active, Galaxy A7 2017, Galaxy A5 2017, Galaxy A3 2017, Galaxy J7 2017, Galaxy J5 2017, Galaxy Note FE, Galaxy Tab S3, Galaxy C9 Pro, Galaxy C7 Pro dan Galaxy J7 Prime.

Kekurangan Os Android Samsung menurut versi


Sebuah software pasti mempunyai sisi negativ dan berikut beberapa ulasan nya :

- Froyo, Android jenis ini terbilang cukup boros dalam konsumsi baterai, belum di dukung Java, yang paling berbahaya adalah banyak mengandung Malware, tapi jangan panik anda dapat mengatasinya dengan membaca artikel saya di sini.

- JellyBean, Kurang baik dalam menangkap signal sehingga akan mengganggu saat menonton video Youtube karena sering terjadi macet atau Biffrering. Membutuhkan memory Internal cukup besar, sehingga pengguna perlu memiliki SD Card dengan space besar agar dapat menampung beberapa file seperti dokumen, audio, video, Aplikasi dll.

- Lollipop, Ketersedian up-date masih sangat terbatas karena pihak pengembang sangat membatasi perangkat yang dapat beroperasi dengan versi ini.

- Noughat, Firmware jenis ini cukup mahal dan sering tidak pas jika di pasangkan dengan beberapa perangkat.

Cara memperbarui versi android terbaru


Lalu bagaimana cara upgrade Os android Samsung Galaxy yang sekarang di gunakan dengan versi terbaru? Ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi jika ingin meningkatkan software yang terpasang sekarang.

- Tersedia Upgrade firmware dari developer Samsung.
- Terhubung dengan baik ke internet.
- Spesifikasi mendukung untuk versi upgrade.
- Pastikan baterai terisi penuh atau minimal paling rendah 70%, hal ini untuk menghindari gagal download dan instal sofwtware android.

A. Yang biasa terjadi jika ada versi terbaru yang tersedia dan di pasang dengan smartphone anda akan ada notifikasi khusus dari developer. Apabila anda telah mendapatkan pemberitahuan Upgrade  ikuti langkah berikut.

- Silakan tekan Notifikasi yang anda terima.
Pemberitahuan update firmware
Pemberitahuan update firmware
- Disana dapat anda lihat pembaruan versi android yang anda gunakan, sekarang Tekan "Download" tunggu sampai proses download selesai kemudian instal.
Download firmware pembaruan perangkat
Download firmware pembaruan perangkat
- Hp akan mati dan masuk mode reboot, silahkan tunggu sampai meyala kembali.

B. Terkadang bagi beberapa pengguna tidak mengerti dan tidak jarang yang mengabaikan sampai notifikasi itu hilang. Atau, jika belum ada pemberitahuan update anda dapat memeriksanya langsung melalui :

- Masuk Pengaturan >> Tentang Perangkat >> Pembaruan Perangkat
About phone
Tentang perangkat
- Kemudian lakukan langkah kedua dan ketiga dari cara pertama (A)  diatas sampai selesai.

Kedua metode Mudahnya Upgrade OS Android Samsung Galaxy tanpa PC ini dapat di terapkan untuk semua HP dari vendor asal Korea Selatan, dan anda dapat melakukan update versi android yang saya terangkan di atas melalui perangkat smartphone langsung, tanpa alat tambahan seperti laptop atau komputer.


Efek setelah Upgrade Versi Android


Anda pasti dapat dengan mudah membedakan beberapa perubahan yang di rasakan setelah meningkatkan versi android.

Efek baik setelah upgrade:
- Tampilan berbeda dari sebelumnya.
- Terdapat menu dan beberapa aplikasi tambahan tanpa anda instal.
- Tentunya versi akan berubah.
- Menjadi lebih cepat.

Efek negatif yang timbul akibat upgrade :
- Hp cepat panas dan lambat, karena spesifikasi tidak mendukung atau terlalu di paksakan.
- Kemungkinan akan terjadi lag secara teratur atau gagal fungsi.

Yang perlu anda ketahui perbedaan antara Update dan Upgrade. Jika update maka pembaharuan sistem yang sekarang terinstal karena adanya beberapa perubahan namu,  jika di lakukan tidak akan meningkatkan versi. Sedangkan Upgrade adalah mengganti sistem operasi Android dari versi lama menjadi versi terbaru. 

Pertanyaan yang sering di hadapi para pengguna saat mengupgrade os android dan jawaban nya :

A. Apakah proses upgrade menbutuhkan koneksi internet? 
B. Iya,  untuk mengunduh file.

A. Berapa ukuran file yang di unduh? 
B. Untuk ukuran berfariasi, tergantung versi upgrade tapi biasanya cukup besar antara 26 sampai 50 mb.

A.  Apakah berbahaya? 
B. Tidak!  Selama masih menggunakan cara OTA! tapi, jika anda memakai cara lain saya tidak jamin.

A. Akibatnya apa jika gagal Upgrade? 
B. Paling mentok jika gagal, HP anda akan mengalami Bootlop.

A. Bagaimana jika terjadi Hp berkedip? 
B. Sebaiknya anda flash ulang melalui odin, dalam langkah ini anda membutuhkan komputer / PC dan firmware yang dapat anda download dari Developer Samsung.

A. Seberapa besar kemungkinan gagal Upgrade? 
B. 100% dari pembaruan tingkat sistem operasi berhasil jika melalui cara yang saya paparkan tentu dengan memenuhi syarat dan kondisi.

Baca juga Cara Upgrade Smartfren Andromax
Demikian ulasan tentang cara Upgrade Os Android Samsung Galaxy dari versi terendah sampai paling tinggi. Jika anda menemui masalah atau kurang memahami apa yang saya tulis di atas dapat langsung menanyakan melaui kolom komentar atau melalui kontak.

Artikel Terkait

6 komentar

Mantab artikelnya mas.. Panjang, padat dan berisi 😀😆

Hehehhe.. Ia mas biar pengunjung semakin betah, dan banyak informasi yang di dapat

kok hp saya tambah lemot setelah di update ke versi terbaru

Banyak kemungkinan jika setelah upgrade hp menjadi lemot, salah satunya yang paling sering di alami pengguna adalah karena spesifikasi yang kurang memadai, jika upgrade sendiri..
Tapi Jika melalui cara OTA usahakan setelah proses upgrade perangkat di reset factori mode, untuk menghilangkan sisa-sisa file dari versi sebelumnya

Cara upgrade samsung s4 i9500 jellybean ke lolipop tanpa pc gimana ya?

Tunggu ya mba,,, kalau sudah jadi pasti saya publish artikelnya


EmoticonEmoticon