Friday, July 13, 2018

7 Tips Cerdas Mengehemat pemakaian paket data seluler

Kuota kamu cepet habis? Hampir semua HP masa kini selalu bergantung dengan koneksi internet untuk dioperasikan. Terutama smartphone yang berbasis robot hijau, dari versi gingerbread sampai Android oreo. Masalahnya tidak semua pengguna sudah berpenghasilan, jadi perlu adanya tindakan menghemat paket data seluler agar tidak terlalu boros dan menggangu uang Jajan.

Pada kesempatan kali ini MasKojek akan berbagi sedikit trik untuk menghemat paket data seluler yang patut kamu coba.

Cara menghemat paket Data

Kali ini kami tidak akan menyarankan kamu mendownload satu aplikasi kemudian semua masalah selesai. Tapi, Perlu adanya ketelatenan dan kejelian kamu dalam menggunakan internet.

1. Gunakan Google Crome Untuk Browsing, Mencari informasi di internet sering dilakukan oleh banyak, termasuk Anda sekarang.

Jika kamu sering mengakses internet dan membaca berita ada baiknya gunakan google crome sebagai peramban hp. Karena didalam Aplikasi browser milik developer ternama itu memiliki fitur hemat data (Data server).

Cara mengaktifkan fitur hemat data google crome juga sangat mudah, cukup buka peramban tersebut kemudian masuk ke SETTING >> PENGHEMAT KUOTA INTERNET >> ON (geser ke kanan untuk mengaktifkan.
menghemat paket data

2. Hidupkan data seluler seperlunya , Hal ini akan membuat kamu menghemat paket internet sekaligus pemakaian beterai. Mengapa ini perlu diaktifkan? Saya rasa ini langkah paling mudah untuk mematikan semua aplikasi yang membutuhkan jaringan internet dan berjalan dibelakang layar.

Dampak dari memakai trik ini kamu tidak akan menerima pesan dari black berry Massenger, facebook dan pemberitahuan media perpersanan singkat lain.

3. Memilih jenis Paket yang tepat, Pemakaian data seluler sangat dipengaruhi oleh jenis sambungan dan kualitas dari operator penyedia jasa baik itu kartu 3, Indosat ooredoo, axis, xl, Simpati bahkan smartfren.

Pilih salah satu operator yang memiliki signal paling dominan (kuat) ditempat kamu. Beli paket harian, mingguan, bulanan dengan kualitas signal dan harga kuota terbaik.

4. Nonaktifkan Sinkronasi Otomatis pada hape, Fitur ini sebenarnya difungsikan untuk memperbarui penerimaan email masuk. Jika Fungsi ini aktif, dengan sendirinya akan terus menguras data untuk mengupdate semua informasi dalam waktu tertentu, biasanya sih 5 menit sekali dia akan merefresh dan mempebarui data pada kotak masuk dan email.

5. Manfaatkan free wifi, Dengan cara memakai jaringan hotspot wifi portable kamu bisa dengan drastis memangkas biaya pemakaian paket internet 3 kamu. Saya rasa kamu tidak akan bingung mencari dimana letak internet gratis ini sebab, hampir semua tempat seperti mall, cafe dan warung makan seluruh wilayah Indonesia sudah banyak yang menyediakan free wifi.

6. Uninstal Aplikasi yang boros kuota, Dari sekian banyak software yang saya temukan di Playstore ada beberapa di antaranya yang sangat boros dengan kuota internet. Kebanyakan perangkat lunak tersebut berasal dari jenis Media sosial seperti Instagram dan medsos berbagi video.

7. Tonton Video Ofline, Saya tidak melarang Anda menonton video online seperti pada Aplikasi Youtube. Hanya saja kamu perlu kontrol durasi melihat film secara live / online. Ada baiknya kamu simpan terlebih dahulu film tersebut dalam mode offline.

Jika kamu memang sangat senang sekali melihat video secara langsung ada baiknya kurangi resolusi video. Ini adalah salah satu cara menghemat kuota youtube, walaupun hasilnya tidak terlalu signifikan akan tetapi dengan mengurangi pixel dalam film berarti memperkecil ukuran gambar yang harus di load.

Artikel Terkait

2 komentar

Wah, hemat betul jadi lebih paham mengenai menghemat kuota agar tidak boros, sisa kuota bisa untuk Facebookan atau untuk hal lainnya..


EmoticonEmoticon