Thursday, March 23, 2017

Membuat dan menghapus Widget Home Screen Android

Tags
Membuat dan menghapus widget di Home Android bisa kamu lakukan dengan sangat mudah, kamu tidak perlu aplikasi tambahan dari pihak ketiga, tidak juga membutuhkan banyak waktu.

Sebelum langsung ke cara membuat dan menghapus widget di home android, ada baik nya kamu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan widget di home android.

Kelebihan menambahkan widget di android di antara nya adalah, kamu tidak usah masuk ke dalam menu smartphone untuk mebuka aplikasi karena, pada dasarnya widget berfungsi sama seperti shortcut pada desktop, jika di tekan maka kita akan langsung di bawa masuk ke dalam aplikasi atau alamat yang ada di widget.

Kekurangan menggunakan widget di android adalah, mengurangi kecepatan smartphone untuk mengelola data dan memperlambat kerja smartphone walaupun tidak secara keseluruhan, logika nya begini' jika kita memasang widget mau tidak mau smartphone kamu harus mengingat widget yang kamu pasang, untuk mengingat di butuhkan kerja Memori dan CPU pada android, jadi sudah pasti menjadi beban buat kedua hardware di atas, efek nya pada kecepatan kerja dan pengelolaan data, meskipun hal ini tidak secara spontan bisa mengganggu kinerja smartphone dan juga tidak berefek terlalu besar.

Cara jita agar widget tidak memperlambat smartphone kesayangan kamu adalah memasang widget secara bijak atau dengan mencopot beberapa widget yang kurang penting, karena semakin banyak widget terpasang maka semakin besar pula beban yang di terima android kamu.
Cara membuat widget android
Gambar membuat widget android
Cara memasang atau membuat widget di home screen android, Pada prinsip nya membuat widget di semua android itu sama, baik wigdet SAMSUNG, OPPO, ACER , ASUS, LENOVO, dan android touch screen lain, caranya cukup masuk dalam menu android kemudian tekan agak lama aplikasi atau sampai ke home screen kemudian lepaskan, maka widget yang kamu inginkan akan tampil di halaman home screen android.
Cara menghapus widget android
Gambar menghapus widget android
Cara menghapus wigdet di home screen android, Sebetul nya hampir sama dengan cara membuat, tekan pada widget yang akan di hapus sampai ada notifikasi berupa tong sampah, kemudian seret ke tong sampah tersebut sampai berwarna merah, dengan begitu otomatis widget android mu akan terhapus.

Setelah tau cara membuat dan menghapus widget di home screen android tentunya kamu juga pegen tahu dong jenis-jenis widget di android' nah di bawah ini akan saya sebutkan beberapa contoh nya :
1. Widget jam.
2. Cuaca.
3. Penelusuran Google.
4. Map / Lokasi.

Dan banyak Janis serta macam-macam widget untuk android lain seperti panggilan, SMS, Aplikasi bawaan, Sosial media etc.

Nah sampai di sini tentu nya sudah lengkap penjelasan tentang widget android, baik dari membuat widget, menghapus, jenis, manfaat, dan kekurangan telah kita bahas, sampai jumpa lagi di postingan jelalah tekno berikutnya yang pasti membahas tentang teknologi android.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon