Wednesday, October 25, 2017

Penyebab HP Cepat Panas dan cara Mengatasi Nya

Banyak dari pengguna HP berbasis android mengalami hal yang janggal. Suhu smartphone cepat naik dan menjadi panas walau hanya di gunakan untuk membuka video, bermain game, atau sedang menambah daya. Jika hal ini anda alami tidak usah khawatir karena panas itu masih hal yang sangat wajar, hal tersebut biasa terjadi karena banyak aplikasi yang masih aktif dibelakang layar.

Meski wajar, anda tidak boleh membiarkan hal ini terjadi secara terus menerus karena jika hp panas akan boros dalam hal konsumsi baterai. Dan tidak menutup kemungkinan dapat membuat smartphone menjadi lambat (lemot) bahkan sering blank.

Kenali beberapa penyebab dan cara mengatasi hp yang mudah panas dan lemot, kemudian anda baru dapat menentukan langkah apa yang harus anda lakukan untuk menghilangkan suhu tinggi pada smartphone anda.
Penyebab hp cepat panas
Penyebab hp cepat panas
Beberapa kemungkinan penyebab hp menjadi mudah panas kami telah rangkum untuk anda cermati sendiri. Kemudian, dapat anda pilih mana yang harus anda lakukan :

Terlalu banyak aplikasi dan fitur yang aktif

Dari beberapa kasus yang sering terjadi adalah pengguna / anda jarang menutup aplikasi secara semestinya setelah di pakai. Anda lebih suka menekan tombol home untuk langsung keluar dan masuk ke menu awal smartphone, hal seperti ini tidak akan menutup aplikasi tapi hanya berpindah tampilan. Sehingga apa saja yang anda operasikan akan tetap berjalan semestinya dan lama-semakin lama bertumpuh dan memberatkan kerja ram serta memori.

Cara paling ampuh adalah menutup beberapa aplikasi yang tidak sering digunakan seperti fitur pengiriman Bluetooth, Wifi hotspsot, Global Positioning System.

Menggunakan Live Walpaper

Mungkin bagi anda yang belum tahu ini adalah hal sepele, background dan waktu standby layar yang cerah terlalu lama yang di ikuti gambar bergerak dapat menyita dan memperlambat kerja smartphone. Karen untuk mengolah dan menampilkan gambar seperti yang anda inginkan di atas akan mengkonsumsi ram dan baterai juga menjadi lebih boros di bandingkan anda memakai walpaper biasa.

Jika anda menggunakan laucher sebaiknya gunakan launcher yang ringan. Seperti beberapa launcher pilihan kami : Launcher paling enteng untuk Android

Cache dan berkas sisa aplikasi menumpuk

Luangkan waktu sedikit untuk membersihkan semua riwayat yang anda tinggalkan setelah memakai hp. Membuang atau menonaktifkan aplikasi yang berjalan di belakang layar serta cache secara berkala agar ponsel punya memori yang cukup untuk beroperasi dengan lancar. Untuk anda pengguna smartphone oppo dapat melihat caranya di sini.

Aplikasi membuat dan meninggalkan bug

Kebanyakan software yang anda download melalui play store dan sumber lainya akan menghasilkan bug. Ini adalah suatu cacat desain yang dimiliki pada perangkat lunak yang mengakibatkan terjadinya sebuah galat pada peralatan atau program sehingga meyebabkan aplikasi tidak berfungsi semestinya. 

Untuk mencegah ini sebaiknya anda pilih beberapa aplikasi yang tidak meninggalkan bug. Atau anda dapat mengidenitifikasi-nya terlebih dahulu dan timbang baik buruknya bug tersebut untuk anda.

Menggunakan HP saat di Cash

Saya tahu anda orang sibuk atau gamers sejati yang keseharianya tidak lepas dari gadget. Perlu anda tahu' ponsel yang sedang di cash akan lebih cepat naik suhunya jika di operasikan. Terlebih di gunakan untuk browsing atau sekedar bermain game balap motor.

Hal serupa jangan sering anda lakukan jika ponsel sedang di cas. Sebaiknya matikan ponsel sebelum di sambungkan dengan charge agar tidak ada pesan masuk atau anda ingin buru-buru mencabut dan memainkannya.

Dekat dengan benda panas atau api

Untuk menghindari suhu panas yang datang dari luar phonsel sebaiknya anda jauhkan hp dari beberapa benda yang mempunyai suhu tinggi. Jangan simpan gadget di atas barang elektronik yang sedang menyala seperti televisi. Dekat sumber api seperti kompor, atau bahkan dari air mendidih dan lampu dengan daya yang besar.

Baterai Rusak atau Konslet

Hal ini dapat menyerang hp merek apa saja dan biasanya baterai yang cepat rusak atau konslet dapat dengan cepat menimbulkan panas. Kerusakan ini biasa terjadi jika anda suka cabut colok dan memainkan ponsel saat sedang di isi ulang.


Suhu Ruangan Tinggi


Jaman memang sudah modern dan telah ada air condition untuk menjaga suhu ruangan tapi, tidak semua orang mempunyai AC. Temperatur dalam ruangan yang tinggi dapat berpotensi meningkatkan suhu HP android anda. silahkah bisa anda coba perbedaan antara menggunakan hp pada ruangan panas dengan ruangan ber AC.

Efek samping Overlock

Jika and merasa HP anda kurang cepat dalam mengelola data dan sebagainya. Harap hindari melakukan overlock pada smartphone, dengan adanya aktifitas tersebut hp anda akan jauh lebih cepat sehingga akan memaksa ram bekerja cukup keras dari pada saat keadaan normal. Selain dapat menyebabkan over heating hal ini juga bisa saja menyebabkan konsumsi daya berlebih yang akan membuat hp cepat panas serta mengakibatkan baterai cepat rusak.

Semua sebab di atas dapat membuat hp anda lemot. Tentu anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Segera atasi masalah hp yang cepat panas dan boros baterai sesuai yang kami simpulkan di atas. Namun, jika cara tersebut telah anda lakukan tapi tidak mengatasi keluhan anda sebaiknya lakukan cara terakhir ini.

Instal aplikasi pendingin baterai

Instal aplikasi dari pihak ketiga untuk merawat dan menjaga baterai hp anda agar tetap sehat. Ada beberapa pilihan yang mungkin cocok dengan smartphone anda di antaranya adalah Du Batterai Saver atau penghapus cache Clean Master, Kedua-nya sama ampuh untuk merawat baterai agar tidak panas.

Jika memang di perlukan mungkin anda juga perlu menginstal aplikasi yang efektif mendinginkan ram android agar lebih maksimal hasil yang di peroleh.

Artikel Terkait

6 komentar

Kata teman saya baterai cepat panas juga bisa tergantung dari merek yang digunakan. misalnya Asus itu terkenal dengan baterai setrika karena cover belakangnya yang cepet panas. Apa memang betul gitu ya...

Bisa jadi mas, mungkin tergantung juga jenis hardware yang digunakan. Akan tetapi kebanyakan developer sudah mengantisipasi dari segi perengkat keras..

Penjelasannya sangat rinci ,ini yang sulit saya lakukan ,saya ada juga pos yang pada intinya sama dengan pos sampean tapi kata kata lebih bagus punya sampean .sip

Terimakasih atas pujianya, saya rasa biasa saja mas cuman perasaan sampean saja kayaknya..

Punya saya xiomi 3s primer sama jg ni,sering panas klo kelamaan nyala layarnya��

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon