Tuesday, August 28, 2018

Cara mengatasi signal 4g yang tidak muncul atau mendadak hilang

Signal 4G hilang, Pernah gak sih kalian merasakan putusnya jaringan internet saat sedang asik memutar video youtube? Atau sedang mabar Mobile Legend? Kalau pernah pasti bakal ngedumel melulu. Saya sendiri juga sering merasakan kesel jika signal 4g telkomsel tiba-tiba musnah entah berantah, dan ujung-ujung nya nyumpahin Operator.

Tapi setelah terjadi berulang-ulang kali saya kok jadi mikir, Apa bener yang salah itu operator? Atau jangan-jangan memang hp saya sendiri yang bermasalah. Untuk itu, saya mulai mencari tahu dan mempraktekkan beberapa langkah berikut untuk mengatasi signal 4G yang hilang.

Cara mengatasi signal 4g yang tidak muncul

Saya sudah 5 tahun menggunakan kartu Simpati yang mana salah satu produk dari Telkomsel. Akan tetapi empat bulan belakangan kadang suka merasa tidak nyaman karena jaringan internet tiba-tiba terputus. Akibatnya beberapa aktifitas saya menggunakan smartphone terganggu, Oleh karena itu lahirlah beberap cara mengatasinya seperti berikut:

1. Mengaktifkan mode Pesawat
airplane mode
Airplane mode merupakan salah satu fitur telephone canggih yang bisa digunakan saat Anda akan menaiki pesawat. Ketika Kamu mengaktifkan mode pesawat terbang pada ponsel, maka sejumlah fitur akan dimatikan secara otomatis. Termasuk di anataranya adalah jaringan seluler dan data internet, Wi-Fi, Bluetooth, serta GPS.

Demikian pula saat Airplane mode dinonaktifkan maka Smartphone secara otomatis akan mencari jaringan baru dan ini sangat bermanfaat untuk koneksi Internet. Karena saat hp offline beberapa orang percaya HP secara otomatis melepas cache jaringan dan membersihkan-nya.

2. Beralih ke Jaringan 3G
pindah 3g
Pilihan kedua untuk mengatasi signal 4g hilang pada hp samsung dalah mengubah jaringan ke 3G. Kamu bisa mengubahnya melalui pengaturan jaringan internet HP secara langsung. Setelah beberapa saat kemudian kembalikan lagi ke Jaringan 4G.

3. Restart Smartphone
restart smarphone
Dengan memilih restart smartphone (menyalakan ulang), semua chace dari aplikasi dan jaringan yang ada di hp akan dimuat ulang, tidak terkecuali juga fitur jaringan pada phonsel xiaomi kamu.

Bagi sebagian besar pengguna smartphone android akan melakukan hal ini jika signal 4g pada hp mereka hilang mendadak.

4. Cari tempat terbuka
tempat terbuka
Meski jaringan empat generasi telah mencapai ambang kejayaan dan hampir semua wilayah telah dijangkau oleh pengguna operator Indosat, XL, Simpati, Three. Akan tetapi, Gedung atau pohon yang menjulang tinggi bisa saja menghalagi signal 4g.

Apalagi jika kamu berada di dalam rumah dimana kondisi ruangan yang serba tertutup. Kemungkinan signal dapat masuk itu sangat kecil dan menyebabkan data 4g tidak muncul. Kecuali memang sangat dekat dengan sumber jaringan, Signal dapat masuk melalui lubang ventilasi dan sebagainya.

5. Menggunakan Aplikasi penguat Signal
4g apps

Saya rasa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga jika memang signal 4g di hp kamu sering hilang. Atau jika perlu kamu Download dan menggunakan 4g Swicher untuk mengunci jaringan 4g dihp.

6. Setting APN
apn
APN atau kependekan dari Access Point Name adalah sebuah nama dari gerbang yang menghubungkan antara GSM, GPRS, 3G atau 4G jaringan selular dan sambungan internet komputer, Masyarakan mungkin lebih hafal dengan menyebutnya Internet. Untuk dapat terhubung dengan internet sebuah perangkat dibutuhkan adanya konfigurasi APN.

Dalam kasus di hp ini, hampir semua operator telah menyediakan seting otomtias via jaringan, dimana setiap pengguna dari service mereka tidak perlu lagi menyeting ini. Tapi, penyetelan secara global kadang mengalami sedikit gangguan. Ada baiknya kamu bisa langsung atur sediri dengan cara mengatur apn jaringan untuk semua operator.

7. Datang Ke Galeri atau Menghubungi Operator
telpon operator
Ini harus kamu lakukan jika memang tiba-tiba jaringan hilang karena Kartu Sim tidak terbaca oleh smartphone. Apa bisa terjadi? Sim Card merupakan produk hardware yang rentan akan gesekan dan arus listrik, Untuk kemungkinan terjadi memang tidak besar tapi bisa saja terjadi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon